Selasa, 02 Oktober 2012

BSS(Basic Service Set) dan ESS(Extended Service Set)

      Pada artikel ini saya ingin menjelaskan sedikit tentang apa itu BSS (Basic Service Set) dan ESS (Extended Service Set), serta perbedaan diantara keduanya, dan kelebihan dari ESS.


BSS(Basic Service Set)

     Ad-hoc Wireless Network merupakan pilihan konfigurasi jaringan yang inexpensive  dan  fleksibel.  Jaringan  Wi-Fi  mode ad-hoc secara keseluruhan berbentuk wireless. Tiap workstation terhubung peer to peer terhadap workstation yang lain. Pada mode ad-hoc antar komputer saling berkomunikasi secara langsung dan tidak memerlukan akses point.  Sedangkan pada mode infrastruktur BSS, network traffic melalui wireless akses point. Dalam jaringan mode infrastruktur, wireless ethernet segmen dapat dengan mudah ditambahkan pada traditional wired network untuk membuat integrasi wired dan wireless network.
ESS (Extended Service Set)
      ESS merupakan suatu jaringan yang terdiri dari kumpulan jaringan infrastruktur BSS yang saling terhubung melalui  Distribution System (DS). Sebuah jaringan dalam mode infrastruktur bergantung pada hubungannya dengan  akses point. Masing-masing workstation saling berkomunikasi melalui akses point bukan secara langsung dengan workstation yang lain.
Jadi perbedaan BSS(Basic Service Set) dan ESS(Extended Service Set) adalah BSS merupakan kondisi yang diimplementasikan pada perangkat Access Point yaitu dimana seluruh node melakukan transmisi ke Access Point, dan disebar ke node lain. sedangkan ESS adalah sekelompok (dua atau lebih) BSS yang dianggap sebagai sebuah sub jaringan.
Sedangkan Kelebihan ESS (Extended Service Set) adalah :
  • Dapat bertukar informasi maupun data antara protocol satu ke protocol lainnya, selama masih dalam satu distribusi system.
  • Meskipun kita menggunakan protocol satu, kita juga dapat masuk ke protocol lainnya yang terkoneksi. 
  •  Dapat menampung banyak station / terminal, karena ESS merupakan mode lanjutan dari BSS.
  •   Dalam mode ESS antar protokol sihubungkan dengan Distribusi Sistem (DS) dan mode ini sering disebut juga dengan jaringan Wired LAN.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi...